Profil Perpustakaan

Perpustakaan STIS Miftahul Ulum Lumajang merupakan unit yang menjadi unsur penunjang akademik di bidang literasi dan kepustakaan. Hal itu menunjukkan bahwa tingkat kemajuan, intensitas dan kualitas pendidikan di STIS Miftahul Ulum Lumajang salah satunya dapat diukur dan dilihat dari parameter perpustakaannya.

Dalam perjalanannya, perpustakaan STIS Miftahul Ulum Lumajang dari waktu ke waktu mengalami perkembangan, baik gedung yang ditempati, pimpinan maupun sistem yang digunakan. Perpustakaan STIS Miftahul Ulum Lumajang yang berawal dari perpustakaan kecil yang didirikan sejak Instsitusi STIS Miftahul Ulum Lumajang diresmikan yaitu pada tahun 2013, dengan menempati ruangan kecil dari gedung perkantoran STIS Miftahul Ulum. Keadaan perpustakaan pada saat itu masih sangat memprihatinkan, baik dari ruangan, koleksi maupun pengelolaannya. Jumlah koleksi pun sangat terbatas, itu pun sebagian besar berasal dari sumbangan buku-buku pribadi para dosen dan lembaga internal yang berada di bawah naungan Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang. Pengelolaannya pun masih sederhana, karena belum ada yang mengelolanya secara khusus dan koleksi belum dipinjamkan tetapi hanya boleh dibaca di tempat.

Di awal tahun 2016 ini mulai ada perbaikan pengelolaan perpustakaan terutama dalam hal pelayanan terhadap pengguna. Koleksi sudah tertata rapi dan diletakkan dalam rak khusus. Namun mengingat jumlah koleksi juga masih sangat terbatas, maka koleksi pun tidak boleh dipinjam untuk dibawa pulang tetapi hanya bisa dibaca di tempat.

Selanjutnya tahun 2019 saat gedung STIS pindah ke gedung yang baru selesai dibangun, secara otomatis gedung perpustakaan juga berpindah dengan menempati ruangan tersendiri yang lebih representatif. Keadaan Perpustakaan sejak saat itu mulai berkembang terutama jumlah koleksi, karena secara rutin setiap tahun ada anggaran khusus dalam pengadaan koleksi buku. Gedung perpustakaan terbaru ini letaknya cukup strategis yang terletak di sebelah selatan gedung Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Miftahul Ulum. Luas gedung perpustakaan sejak saat itu sudah cukup memadai, sudah dilengkapi dengan ruang baca yang representatif dan proporsional dibandingkan dengan jumlah mahasiswa. Pengelolaan perpustakaan sudah mengikuti pedoman penyelenggaraan perpustakaan nasional. Pada waktu itu mulai dirintis katalogisasi dan jumlah koleksi pun mulai bertambah.

Kemudian sistem pelayanan yang digunakan oleh perpustakaan juga mengalami perkembangan, mulai dari model klasik (manual), katalogisasi dan terakhir sejak tahun 2019 mulai dirintis menuju sistem informasi manajemen perpustakaan (SIMPUS) dengan dioperasionalkanya online public access catalogue (OPAC), yakni penulusuran koleksi dengan menggunakan komputer. Dan pada tahun 2019 atas dukungan Pimpinan STIS, semua pelayanan Perpustakaan sudah memakai sistem Automasi mulai dari pengolahan, pendataan, transaksi

peminjaman dan pengembalian buku, dan program-program lainnya. Demikian juga sistem pelayanan sirkulasi juga mengalami perkembangan dari sistem pencatatan di buku besar, sistem kartu dan terakhir sistem terautomasi, yakni pelayanan pencatatan peminjaman dan pengembalian dengam melalui program khusus komputer.