Berita

UJIAN MASUK JALUR PRESTASI/MANDIRI PMB 2020 STIS MIFTAHUL ULUM

(Lumajang, 18/08/20). Pemilihan perguruan tinggi menjadi hal penting bagi lulusan SLTA/MA yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan tinggi. kredibilitas menjadi salah satu alasan pada pemilihan perguruan tinggi dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Dengan kelembagaan berbasis pesantren, Sekolah Tinggi Ilmu syariah Miftahul Ulum (STISMU) Lumajang memiliki dua program studi, yaitu Hukum Keluarga Islam dan Hukum Ekonomi Syariah.

STISMU Lumajang pada tahun akademik 2020/2021 ini, membuka jalur PMB melalui 2 jalur, yaitu Jalur Prestasi dan Jalur Reguler Mandiri. Jalur Prestasi, merupakan jalur penerimaan dengan tes wawancara dengan syarat tahfidz Al-Qur’an minimal 1 juz yang diselenggarakan pada tanggal 16 Juni – 17 Juni 2020. Sedangkan Jalur Reguler Mandiri merupakan jalur penerimaan dengan tes tulis potensi akademik dan wawancara yang dilaksanakan pada 10 Agustus – 11 Agustus 2020. Hasil seleksi dari jalur Prestasi dan Jalur Mandiri Telah diumumkan pada tanggal 13 Agustus 2020.

Tes tulis akademik dilaksanakan pada 10 agustus 2020 dengan jumlah total 188 peserta yang bertempat di Aula Gedung STISMU Lumajang. Soal yang di ujikan adalah kemampuan akademik. Meliputi unsur matematika, eksakta dan bahasa. “Tes potensi akademik lebih untuk mengukur kecerdasannya, bukan penguasaan materinya,” kata Dr. Ahmad Zarkasyi, M.Pd.I selaku ketua panitia PMB STISMU 2020.

 

Adapun Tes wawancara yang di laksanakan pada hari berikutnya yaitu tanggal 11 Agustus 2020. Tes wawancara mencangkup tes lisan (Psikotes) dan Baca kitab yang di uji oleh ustad senior alumni dari pondok pesantren Miftahul Ulum, yaitu ust. Zuhri Muammar, ust. H. Taufiq Syam, S.Pd.I., M.Pd, ust. Khoirus Sholeh, Lc., ust. Zainuddin, M.Pd.I, Ust. Sahroni, S.Pd.I., M.Pd.

Calon mahasiswa baru yang lulus seleksi diwajibkan untuk mendaftar kegiatan Pekan Orientasi Mahasiswa Baru (POSMARU) yang akan diadakan pada tanggal 24 – 27 Agustus 2020. Untuk pendaftarannya dapat dilakukan dari tanggal 14 – 22 Agustus 2020.