LUMAJANG – Pekan Orientasi Mahasiswa Baru (POSMARU) ke-X Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Miftahul Ulum menghadirkan istri Bupati Lumajang Musfarinah Nurhayatin M.Pd, Rabu 7 September 2022.

Musfarinah Nurhatin yang juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Lumajang ini menyampaikan bahwa perempuan memiliki hak untuk bekerja selama pekerjaan itu membutuhkannya dan mereka membutuhkan pekerjaan.

“Dan, terpenting pekerjaan tersebut dilakukan dengan terhormat, sopan serta menghindari dampak negatif dari pekerjaan tersebut terhadap diri mereka dan lingkungannya,” katanya.

Kata dia, narasi tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Prof. M. Quraish Shihab. Jadi, islam tidak mengatur wilayah perempuan dan laki-laki secara skematis.

“Islam sebagai penguat bidang-bidang tertentu yang harus ditentukan oleh pertimbangan manusia berdasarkan kebutuhan yang terus berkembang,” bebernya.

Mengutip pandangan Syekh Mutawalli As-Sya’rawi, lanjut Musfarinah, seorang perempuan diijinkan untuk mengetahui sejauh mana Ia mampu berkarir dalam ruang publik tanpa mengesampingkan kewajibannya sebagai seorang istri dan ibu.

Oleh karena itu, sambung Musfarinah, perempuan memiliki hak untuk berperan dalam pembangunan bersama laki-laki. “Perempuan harus terlibat dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara untuk mengekspresikan kepentingan praktis dan strategis,” ungkapnya.

Penulis: Robith
Editor: Robith
Publiser: Robith