STISMU Lumajang memiliki cita-cita untuk menjadi salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan yang maju dan mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang semakin berkembang dalam masyarakat, khususnya pada bidang syari’ah.  Dalam rangka pencapaian cita-cita tersebut, didirikannya Program Studi Hukum Ekonomi Syariah.  Dalam rangka pencapaian cita-cita tersebut, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah dalam kedudukannya sebagai bagian integral dalam Sistem Pendidikan Nasional melaksanakan fungsi Tri DharmaPerguruan Tinggi yang meliputi : Pendidikan, Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Berdasarkan kondisi yang ada, serta berlandaskan pada peranan Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Nasional, maka perencanaan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah disusun atas dasar strategi sebagai berikut :

1.   Jangka pendek yang lamanya satu tahun. Perecanaan ini dititikberatkan pada konsolidasi untuk mencapai mutu standar  tertentu
sehingga bisa mencapai kebutuhan masyarakat.

2.  Jangka panjang yang lamanya 5 (lima) tahun. Perencanaan pengembangan institusi mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakatakan pendidikan tinggi keagamaan, yang :

a. Berakhlak mulia;

b. Kreatif dan inovatif;

c. Berwawasan kebangsaan;

d. Cerdas, sehat, dan mampu bersaing;

e. Berdisiplin dan bertanggung jawab; serta

f. Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang serta mampu menerapkannya secara simultan.

                Mengacu kepada ketentuan tersebut diatas dan dengan mempedomani visi dan misi STISMU Lumajang, maka disusunlah  visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Hukum Ekonomi Syariah yang penyusunannya dilakukan melalui mekanisme :

1.  Penggodokan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian pada tingkat Program Studi. Pada kesempatan ini Program
Studi
Hukum Ekonomi Syariah mengundang semua dosen Program Studi Hukum Ekonomi Syariah untuk membahasnya.

2. Penguraian pada tingkat Institusi Universitas. Hasil penggodokan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian pada tingkat Program Studi Hukum Ekonomi Syariah kemudian dibawa pada tingkat Institusi, dan penguraian dilakukan dengan melibatkan secara langsung pihak-pihak tertentu seperti :

a. Perangkat program studi.

b. Para Wakil Ketua.

c. Utusan Mahasiswa.

d. Perwakilan masyarakat/stake holder.

3. Penentuan akhir. Hasil penguraian yang dilakukan pada tingkat Institusi kemudian dilakukan pengesahan melalui rapat pimpinan STISMU Lumajang bersama Yayasan Miftahul Ulum Selaku Badan Penyelenggara dengan melibatkan segenap Ketua Program Studi.

                Program Studi Hukum Ekonomi Syariah ini didirikan berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 380 Tahun 2013 Tanggal 21 Pebruari 2013. Adapun gelar yang diberikan untuk lulusan Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah ditetapkan berdasarkan PMA nomor 33 Tahun 2016 Gelar Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan, yang menjelaskan bahwa gelar untuk Program Studi Hukum Ekonomi Syariah adalah Sarjana Hukum yang disingkat dengan S.H. Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah berstatus Terakreditasi BAN-PT SK Nomor 275/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014. Mengingat   luasnya bidang   garapan   dan   peluang kerja pada Program Studi Hukum Ekonomi Syariah/Muamalat, maka diperlukan adanya spesifikasi keahlian dalam satu ke-ilmuan yang dimiliki mahasiswa dan lulusan. Spesifikasi keahlian keilmuan ini bukan merupakan pembatasan peluang kerja, tetapi upaya untuk memberikan kompetensi yang lebih profesional kepada bidang keahlian keilmuan yang diminati mahasiswa, karena semua mahasiswa yang memilih bidang keahlian keilmuan tertentu masih tetap memiliki peluang kerja yang ditawarkan pada Program Studi ini. Adapun profil utama lulusan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah adalah sebagai praktisi hukum Islam atau Calon Hakim Agama yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, serta mampu melaksanakan tugas umum sebagai praktisi hukum Islam atau Calon Hakim Agama dan tugas khusus sebagai praktisi hukum bisnis syari’ah sesuai dengan kode etik keilmuan dan keahlian.