1. Sistem Pengelolaan Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah

  • Sistem pengelolaan Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah dilakukan oleh Ketua Program Studi dan dibantu oleh Sekretaris Program Studi.​​ Dalam sistem pengelolaan Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah dioptimalkan melibatkan semua dosen yang ada di Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah dan mahasiswa. Keterlibatan dosen dalam pengelolaan program studi antara lain melalui keaktifan memberikan​​ masukan yang sifatnya dapat mengembangkan program studi. Mahasiswa juga turut dilibatkan secara aktif dalam sistem pengelolaan program studi.

  • Untuk melihat apakah pencapaian sistem pengelolaan program studi berhasil atau tidak, pimpinan Program Studi bersama dengan dosen Program Studi melakukan evaluasai melalui mekanisme rapat dosen yang secara khusus dilakukan untuk itu setelah selesai ujian mid semester dan ujian akhir semester. Hasil evaluasi Program Studi dijadikan dasar untuk melakukan perubahan yang​​ lebih baik. Perubahan yang akan dicapai ditetapkan melalui mekanisme perencanaan secara terpadu

 

2. Sistem Pengelolaan​​ Hukum Ekonomi Syariah

  • Sistem pengelolaan Program Studi​​ Hukum Ekonomi Syariah​​ dilakukan oleh Ketua Program Studi dan dibantu oleh Sekretaris Program Studi. Dalam sistem pengelolaan Program Studi​​ Hukum Ekonomi Syariah​​ dioptimalkan melibatkan semua dosen yang ada di Program Studi​​ Hukum Ekonomi Syariah​​ dan mahasiswa. Keterlibatan dosen dalam pengelolaan program studi antara lain melalui keaktifan memberikan masukan yang sifatnya dapat mengembangkan program studi. Mahasiswa juga turut dilibatkan secara aktif dalam sistem pengelolaan program studi.

  • Untuk melihat apakah pencapaian sistem pengelolaan program studi berhasil atau tidak, pimpinan Program Studi bersama dengan dosen Program Studi melakukan evaluasai melalui mekanisme rapat dosen yang secara khusus dilakukan untuk itu setelah selesai ujian mid semester dan ujian akhir semester. Hasil evaluasi Program Studi dijadikan dasar untuk melakukan​​ perubahan yang lebih baik. Perubahan yang akan dicapai ditetapkan melalui mekanisme perencanaan secara terpadu.