Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Miftahul Ulum Lumajang mempunyai tugas dan tanggungjawab yang tidak ringan berkaitan dengan bidang kajiannya yang lebih spesifik, yaitu pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang bernafaskan syariah Islam. Pada umumnya masyarakat Indonesia berharap bahwa keberadaan perguruan tinggi agama Islam umumnya dan STIS Miftahul Ulum Lumajang khususnya dapat memenuhi dua harapan sekaligus. Pertama, harapan yang terkait dengan eksistensinya sebagai lembaga keilmuan. Sebagai lembaga keilmuan ia dituntut untuk dapat memenuhi tugas-tugas pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan agama Islam serta pengabdian kepada masyarakat. Kedua, harapan yang terkait erat dengan kelembagaan sebagai lembaga pendidikan keagamaan Islam. Sebagai lembaga keagamaan ia dituntut untuk memenuhi misi dakwah dan pengembangan masyarakat Islam.

Satu kenyataan obyektif, bahwa sebagian besar dari masyarakat Indonesia menuntut pelaksanaan pengembangan ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau seni yang bernafaskan nilai-nilai keislaman. Tuntutan tersebut tidak bisa dihindarkan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, maka kehadiran STIS Miftahul Ulum Lumajang yang mengembangkan ilmu-ilmu keislaman secara terpadu dengan ilmu-ilmu moderen merupakan keniscayaan. Untuk itu visi, misi dan tujuan penyelenggaraan sekolah tinggi yang dijadikan dasar pijakan, tuntunan dan pegangan seluruh civitas akademika STIS Miftahul Ulum Lumajang adalah sebagai berikut:

 1. Visi

Menjadi kampus yang unggul dan kompetitif dalam kajian dan pengembangan ilmu syariah sehingga mampu menghasilkan sarjana professional yang ulama’.

2.MISI

Misi STIS Miftahul Ulum adalah:

1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas dan islami dalam menghasilkan lulusan yang memiliki kemantapan aqidah,  keluhuran akhlak, kedalaman ilmu dan hikmah, kematangan profesional dan berjiwa entrepreneurship.

2. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pemerintah dan non-pemerintah, baik dalam maupun luar negeri yang berorientasi pada penguatan kelembagaan dan peningkatan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

3. TUJUAN

Menyiapkan dan mencetak sarjana yang professional dalam bidangnya, berkarakter ulama, berjiwa entrepreneurship dan mampu menjadi pemimpin umat dalam membangun peradaban Islam dan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan umat Islam dan bangsa Indonesia melalui pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berlandaskan nilai-nilai ajaran agama Islam.